Rabu, 03 November 2010

YUK CARI TAU ARTI LAMBANG GARUDA PANCASILA

Istilah “Pancasila” yang kita ketahui adalah sebagai dasar dari negara kita yang kita jadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari berasal dari dua kata Sansekerta: panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas.. Pancasila itu berasal dari bangsa Indonesia, dan untuk bangsa Indonesia juga. Sebagai simbol dari Pancasila sendiri adalah burung Garuda.


Garuda sebagai lambang negara menggambarkan kekuatan dan kekuasaan dan warna emas melambangkan kejayaan, karena peran garuda dalam cerita pewayangan Mahabharata dan Ramayana posisi kepala garuda menengok lurus ke kanan. Lambang burung Garuda memiliki arti pada bulunya sesuai tanggal kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945n dan burung Garuda memiliki

  • Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17
  • Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8
  • Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19
  • Jumlah bulu di leher berjumlah 45
Dan karena bermacam-macamnya suku di Indonesia dibuat juga di dalan lanbang burung garuda, yaitu pita yang dicengkeram oleh burung garuda bertuliskan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika berasal dari kalimat bahasa Jawa Kuno karangan Mpu Tantular yang berarti “Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu” yang menggambarkan keadaan bangsa Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam suku, budaya, adat-istiadat, kepercayaan, namun tetap adalah satu bangsa, bahasa, dan tanah air.

Dilihat dari yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara adalah orang-orang yang berasal dari negara Indonesia, hasil berpikir/pemikiran yang sedalam-dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap, dipercaya dan diyakini sebagai sesuatu (kenyataan, norma-norma, nilai-nilai) yang paling benar, paling adil, dan itu telah mebuktikan bahwa Pancasila adalah cerminan dari bangsa Indonesia.

Kepribadian bangsa Indonesia mempunyai arti keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia, yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainnya. Seperti adat, kebudayaan. Dan ciri-ciri khas bangsa Indonesia merupakan pencerminan dari garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia sepanjang masa.

Sunber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar