Rabu, 03 November 2010

    MANAJEMEN
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama menurut (Henry Fayol) yaitu, merancang (PLANNING), mengorganisasi (ORGANIZING), memerintah (COMMANDING), mengoordinasi (COORDINATING), dan mengendalikan (CONTROLLING).









HENRY FAYOL 


    FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi manjemen menurut Henry Fayol dibagi menjadi 5 fungsi, fungsi-fungsi itu antara lain : 
  • PLANNING (Perencanaan)  
  • ORGANIZING (Pengorganisasian) 
  • COORDINATING (Pengordinasian)  
  • CONTROLLING (Pengendalikan)   
  • COMMANDING (Komando / intruksi)




      PENERAPAN MANEJEMEN
    Di dalam kehidupan sehari-hari berbagai macam perusahan menggunakan asas dari pengertian teori manajemen. Fungsi manajemen juga diterapkan diberbagai macam perusahaan. Suatu perusahaan kalau tidak menggunakan sistem dan tidak mengerti bagaimana cara manajemen, perusahaan itu tidak akan berjalan dengan baik.
    Bagaimanapun suatu teori adalah suatu acuan kita akan melakukan sesuatu, jadi kalau suatu perusahaan memakai teori dan menerapkan fungsi-fungsi dengan baik, perusahaan itu akan berjalan dengan baik juga, dan akan menjadi perusahaan yang sukses jika di dalamnya terdapat pengolahan manajemen yang baik dan benar.
    1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan berupa penentuan langkah-langkah yang memungkinkan organisasi mencapai tujuan-tujuannya.
    2. Pengorganisasian (organizing) adalah kegiatan mobilisasi bahan materiil dan sumber daya manusia guna melaksanakan rencana, dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
    3. Komando / intruksi (commanding) adalah kegiatan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas pekerjaan mereka.

    4. Pengordinasian (coordinating) adalah memastikan sumber-sumber daya dan kegiatan organisasi berlangsung secara harmonis dalam mencapai tujuannya.

    5. Pengendalikan (controlling) adalah pemantauan rencana untuk membuktikan apakah rencana itu sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

    Sumber :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar