Rabu, 17 November 2010

SUSU KEDELAI

SUSU KEDELAI DAN MANFAATNYA


      

Anda pasti mengetahui tentang susu kedelai. Sekarang ini di kalangan masyarakat susu kedelai merupakan pilihan baru selain susu sapi. Susu kedelai mudah didapat dan murah harganya. Banyak sekarang kita temui pedagang yang berjualan susu kedelai menggunakan gerobak. Tapi apakah anda tau kandungan apa saja yang ada di dalam susu kedelai?
Susu kedelai juga mengandung beribu manfaat. Susu kedelai memiliki nilai lebih baik dari susu sapi dan susu formula.. Susu kedelai merupakan pilihan bagi anda para vegetarian atau pelaku diet, susu kedelai akan mencukupkan kebutuhan gizi para vegetarian dan pelaku diet dan merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Bagi anda yang ingin diet, susu kedelai sangat mempunyai manfaat bagus karena mengandung lesitin, Berikut paparan manfaat kandungan dari susu kedelai.
Protein
Protein yang terkandung dalam susu kedelai tersusun dari asam amino berupa lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, trionin, triptofan, fenillalanin. Berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak, menjaga pertumbuhan tubuh.
Karbohidrat, Lemak Nabati
Sebagai sumber energi dalam tubuh, sebagai lemak baik dalam tubuh.
Serat/Fiber
Sangat baik untuk memperlancar pencernaan makanan dan pembuangan.
Vitamin A
Vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, membantu proses reproduksi, melancarkan sistem kerja saraf tubuh.
Vitamin B1 dan B2
Berfungsi untuk memancing reaksi-reaksi proses dalm tubuh dan vit B2 sebagai pigmen pada susu sapi dan susu kedelai.
Vitamin E
Mencegah kanker kulit, mencegah keriput kulit, membantu proses menstruasi, mencegah impotensi, mengobati kadiovaskular (penyakit jantung), dan antioksidan.
Mineral
Sebagai penambah kekuatan pada struktur tulang gigi, kuku, juga sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Polisakarida
Berfungsi sebagai pengendali kadar gula yang berlebih dalam darah.
Isoflavon
Sebagai
zat ajaib susu kedelai, guna menyehatkan tubuh lebih bugar pantang terkena berbagai penyakit.
Kolesterol Baik (HDL)
Dalam tubuh terdapat kolesterol jahat yang menuai pengapuran pembuluh darah. Maka HDL atau kolesterol baik dalam susu kedelai mampu mencegah pengapuran tersebut dengan melawan kolesterol jahat.
Kalsium
Berfungsi sebagai pembentuk kandungan tulang baru, memperkuat tulang, mengatur fungsi otot, meredarkan darah dengan normal, mengontrol asam lemak di usus.

Bagi anda yang tidak ingin minum susu kedelai yang ada di pinggir-pinggir jalan, anda dapat mendapatkan susu kedelai yang dikemas di dalam botol di supermarket. Karena khasiatnya yang sangat baik, sekarang susu kedelai dapat ditemukan dibanyak tempat. Semoga pembahasan tentang susu kedelai ini dapat membuat anda mengerti bahwa begitu bermanfaatnya susu bagi tubuh kita.

SUMBER :


http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1915913-manfaat-susu-kedelai/

1 komentar:

  1. hai amanda,bagus infonya,datangin blog aku jg ya,klik aja poto aku yg cuakep.okeyy...

    BalasHapus