Loading...

Minggu, 07 November 2010

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pada prinsipnya ideologi terbuka adalah suatu pandangan/ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan dapat berinteraksi dengan adanya dinamika secara internal. Ideologi yang wajar adalah ideologi yang bersumber atau berakar pada pandangan hidup bangsa dan falsafah bangsa. Sedangkan arti keterbukaan ideologi pancasila itu adalah suatu ideologi yang dapat berinteraksi dengan perubahan zaman tanpa mengurangi nilai-nilai pandangan bangsa dan falsafah bangsa indonesia, serta ideologi yang dapat menerima segala perbedaan yang ada.

Ideologi Terbuka merupakan cerminan masyarakat bangsa itu sendiri yang identik, congruent dengan kepribadian, jati diri masyarakat. Ideologi terbuka merupakan refleksi dari aspirasi, tuntunan hidup, cara hidup dan kehidupan masyarakatnya, sehingga menjadikannya perekat persatuan dan kesatuan anak bangsa, bahkan sebagai acuan hidup, cara hidup dan pandangan hidup kemudian menjadi perilaku nyata dalam mengarungi hidup dan kehidupan, yang pada gilirannya mampu memecahkan dan menanggulangi persoalan-persoalan bangsa dan Negara. Disebut terbuka sebab ideologi Pancasila bersumber pada kondisi obyektif, konsep, prinsip dan nilai-nilai orisinil masyarakat Indonesia.

Adapun faktor-faktor yang mendorong keterbukaan ideologi pancasila adalah :
Faktor yang mendorong pemikiran mengenai keterbukaan ideologi Pancasila adalah sebagai berikut :
a.Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat.
b.Kenyataan menunjukkan, bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup dan beku dikarenakan cenderung meredupkan perkembangan dirinya.
c.Pengalaman sejarah politik kita di masa lampau.
d.Tekad untuk memperkokoh kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional.

Faktor-faktor yang mendorong keterbukaan ideologi pancasila tidak bahaya bagi kelestariannya karena pada dasarnya, keterbukaan ada di karenakan tekad yang kuat untuk memperkukuh kembali kesadaran nilai-nilai dasar pancasila yang telah ada pada masa lampau dan mengembangkannya untuk mencapai tujuan nasional.

Batas-batas keterbukaan ideologi pancasila adalah suatu hal yang tidak boleh melebihi/melanggar dari apa yang sudah ditetapkan,seperti:
Melarang terhadap ideologi komunis,marxisme dan leninisme
Melarang berkembangnya paham liberal
Melarang terhadap pandangan ekstrim yang dapat menghancurkan persatuan bangsa. 


SUMBER : 


http://tugasgw.wordpress.com/2009/07/11/pancasila-sebagai-ideologi-terbuka/

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar