Rabu, 03 November 2010

PANCASILA

Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari Sansekerta: panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berisi lima butir sebagai berikut:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam
Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sebelum butir-butir Pancasila diatas di resmikan menjadi dasar negara Indonesia, terdapat pula usulan isi dari Pancasila yang berisikan :
Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.
Dan setelah terjadi perundingan dibuatlah dan di sah kan butir Pancasila seperti yang kita ketahui saat ini.

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi. Pancasila adalah sakti, tak tergantikan.

Butir-butir Pancasila dapat di maknai dengan ; 
1. KeTuhanan yg Maha Esa
negara ini berlandaskan atas Tuhan, setiap manusia mempunyai hak untuk memeluk agama sesuai keyakinan hatinya tanpa unsur paksaan
2. Kemanusian yg adil dan beradab
menjadi warga negara yg baik kepada sesama
3. Pesatuan Indonesia
Indonesia bersatu dari sabang sampai merauke, bhineka tunggal ika walau beda-beda tetapi tetap satu tanah air
4. Kerakyatan yg di pimpin oleh hikmah kebijaksaan dalam permusyawarahan perwakilan
kebijaksaan pemimpin harus dalam permusyawarahan yg berhikmah dari rakyak oleh rakyat untuk rakyat
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

  1.   ini adalah lambang dari Pancasila















- Apakah Pancasila berasal dari gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain?

Pancasila yang kita ketahui adalah dasar dari negara Indonesia dan mempunyai lambang Burung Garuda yang mempunyai sayap yang kokoh yang mempunyai arti Indonesia adalah negara yang kokoh dan di dalam badannya terbagi menjadi lima bagian, dan bagian itu pun dimaksud butir-butir Pancasila yang menjadi dasar negara kita.

Menurut pemahaman yang saya ketahui Pancasila itu terbentuk berasal dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri, tetapi banyak orang yang mengemukakan Pancasila berasal dari bangsa-bangsa lain, dan itu dikarenakan sebelum Pancasila diresmikan pada tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia banyak mengalami penjajahan dari bangsa-bangsa lain. Sebelum bangsa Indonesia merdeka bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa lain, banyak bangsa-bangsa lain yang menjajah atau berkuasa di Indonesia, misalnya bangsa Belanda, Portugis, Inggris, dan Jepang. Dan yang paling lama menjajah Indonesia adalah bangsa Belanda. Dan karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang terbuka, jadi kebudayaan apapun dapat masuk ke dalam Indonesia. Tetapi Pancasila itu dibuat berdasarkan hati nurani dan pencerminan dari bangsa Indonesia itu sendiri

- Apakah Pancasila berakar dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri?

Dilihat dari yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara adalah orang-orang yang berasal dari negara Indonesia, hasil berpikir/pemikiran yang sedalam-dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap, dipercaya dan diyakini sebagai sesuatu (kenyataan, norma-norma, nilai-nilai) yang paling benar, paling adil, dan itu telah mebuktikan bahwa Pancasila adalah cerminan dari bangsa Indonesia.
Kepribadian bangsa Indonesia mempunyai arti keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia, yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainnya. Seperti adat, kebudayaan. Dan ciri-ciri khas bangsa Indonesia merupakan pencerminan dari garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia sepanjang masa.

Garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia yang ditentukan oleh kehidupan budi bangsa Indonesia dan dipengaruhi oleh tempat, lingkungan dan suasana waktu sepanjang masa. Walaupun bangsa Indonesia sejak dahulu kala bergaul dengan berbagai peradaban kebudayaan bangsa lain (Hindu, Tiongkok, Portugis, Spanyol, Belanda dan lain-lain) namun kepribadian bangsa Indonesia tetap hidup dan berkembang. Mungkin di sana-sini, misalnya di daerah-daerah tertentu atau masyarakat kota kepribadian itu dapat dipengaruhi oleh unsur-unsur asing, namun pada dasarnya bangsa Indonesia tetap hidup dalam kepribadiannya sendiri. Bangsa Indonesia secara jelas dapat dibedakan dari bangsa-bangsa lain. Apabila kita memperhatikan tiap sila dari Pancasila, maka akan tampak dengan jelas bahwa tiap sila Pancasila itu adalah pencerminan dari bangsa kita. Dengan adanya Pancasila itu dan merupakan dasar dari negara Indonesia.

Setiapa bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup (filsafata hidup). Dengan pandangan hidup inilah sesuatu bangsa akan memandang persoalan-persoalan yang dihadapinya dan menentukan arah serta cara bagaimana memecahkan persoalan-persoalan tadi. Tanpa memiliki pandangan hidup maka suatu bangsa akan merasa terombang-ambing dalam menghadapi persoalan-persoalan besar yang pasti akan timbul, baik persoalan-persoalan di dalam masyarakatnya sendiri, maupun persoalan-persoalan besar umat manusia dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa di dunia ini. Dengan pandangan hidup yang jelas sesuatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana ia memecahkan masalah-masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya yang timbul dalam gerak masyarakat yang makin maju. Dengan berpedoman pada pandangan hidup itu pula suatu bangsa akan membangun dirinya.

Bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki etika yang baik, rakyatnya yang ramah tamah, sopan santun yang dijunjung tinggi dan banyak lagi, pancasila memegang peranan besar dalam membentuk pola pikir bangsa ini sehingga bangsa ini dapat dihargai sebagai salah satu bangsa yang beradab didunia. Kecenderungan menganggap acuh dan sepele akan kehadiran pancasila diharapkan dapat ditinggalkan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang beradab. Pembentukan etika bukan hal yang susah dan bukan hal yang gampang, karena berasal dari tingkah laku dan hati nurani. Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bangsa Indonesia saat ini yang telah memasuki era globalisasi dengan segala permasalahan yang ada, banyak kebudayaan yang masuk kedalam bangsa ini, dilihat dari cara berfikir manusia saat ini sudah berbeda, seiringnya perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, bangsa Indonesia sangat rentan terhadap kebudayaan yang masuk saat ini, dan Pancasilalah sebagai ideologi bangsa akan dapat memilah dan memilih kebudayaan yang masuk. Dan kita sebagai pemuda-pemudi bangsa Indonesia sangat diperlukan sekali mengerti dan memahami isi dari Pancasila, karena kalau setiap orang telah memahami isi Pancasila, bangsa ini akan maju dan tidak akan melupakan kebudayaanya.

Sumber :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar