Minggu, 07 November 2010

Monolog

Monolog Penggusuran Desaku


Monolog adalah istilahdi alam kegiatan seni teater yang berasal dari kata mono yang artinya satu dan log yang artinya ilmu. monolog adalah ilmu yang diterapkan di dalam ilmu peran dimana hanya membutuhkan satu orang pembicara atau dialog bisu. ini contoh dari monolog yang ada di dalam kegiatan peran.


Pada siang hari, disaat orang-orang sedang sibuk melakukan aktifitasnya masing-masing. Tiba-tiba datang sekelompok orang yang bebadan besar, berkulit hitam, berbaju hitam. Kutanya dengan suara lembut, dia menjawab pertanyaan ku dengan sangat kasar.

Kalian tahu untuk apa dia datang ke rumahku, ternyata dia datang ke rumahku untuk menggusur rumahku. Pilu hatiku melihat itu semua. Melihat ibu,ayah dan adikku menangis. Melihat, isak tangis dari tetangga-tetanggaku. Rasanya ingin melawan, tapi tidak bisa.

Spontan aku berteriak “jangan gusur rumahku”. Pada saat itu tubuhku gemetar, tak gentar aku untuk melawan orang itu, tapi aku terus di dodorong, tidak terasa tangan ku pun membalas mendorong mereka, tetapi usaha ku sia-sia saja, mereka sama sekali tidak mempunyai rasa belas kasihan.

Hatiku merasa sakit melihat kejadiannya. Emosiku pun semakin meluap, dengan suara lantang aku mengamuk, dan meneriaki orang-orang itu “jangan gusur rumahku, jika kalian menggusur rumahku, aku akan memanggil teman-temanku dan ku suruh mereka membunuh kalian.”
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar