Minggu, 07 November 2010

Hidup Sehat

Hidup Sehat

Sebelum mengetahui seberapa pentingnya hidup sehat, anda ingat pernahkah anda sakit? Dan perasaan apa yang timbul ketika anda sakit? Tentunya tidak enak ketika sedang mengalami sakit. Oleh karena itu jaga dan peliharalah kesehatan anda dengan menyeimbangkan antara bekerja dengan kegiatan anda. Manfaatkan waktu luang anda untuk hal-hal positif sehingga kesehatan anda pun akan ikut meningkat karena pemikiran yang positif.
Untuk mengisi waktu luang banyak macamnya, yang penting tujuan dari seseorang itu tercapai. Dalam memilih kegiatan untuk mengisi waktu luang yang paling tepat adalah mengambil kegiatan yang dapat menyehatkan jasmani dan rohani maupun kesehatan sosial.
Selain mengambil kegiatan positif anda juga harus menerapka pola hidup sehat. Karena walaupun anda sudah mengambil kegiatan yang meyehatkan jasmani, rohani dan sosial, jika anda tidak menerapkan pola hidup sehat, anda akan tetap sakit juga.
Sehat adalah merupakan kebutuhan yang sangat penting, karena kalau sudah sakit akan mahal harga yang harus dibayar. Oleh sebab itu pencegahan lebih baik dari pada mengobati.
Ada 4 upaya yang sagat penting dalam menjaga hidup sehat, yaitu :

1. Menjaga Kesehata Pribadi
Usaha kesehatan pribadi ialah daya upaya (usaha) seseorang untuk memelihara dan mempertinggi kesehatannya.
 
2. Makanan sehat
Makanan adalah segala sesuatu yang dipakai atau dipergunakan oleh manusia agar dapat tetap hidup. Makanan sehat itu tidak harus mahal, tetapi anda harus pintar mengelola makanan tersebut.

3. Berolahraga teratur
Usahakan anda mempunyai jadwal berolahraga seminggu 1 kali, karena dengan berolahraga dengan teratur dapat memelihara jantung, peredaran darah, pencernaan,dan frekuensi denyut nadi. 

4. Istirahat (tidur) yang cukup
Dengan tidur yang cukup anda dapat memulihkan tenaga sehingga kemampuan dan keterampilan akan meningkat, serta susunan syaraf/tubuh terpelihara tetap segar dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar