Rabu, 17 November 2010

Tugas Ekonomi Koperasi


KOPERASI



- Banyak pengertian koperasi menurut para ahli, dan dari bermacam-macam pengertian yang dapat kita peroleh mengenai pengertian koperasi, menurut saya Koperasi adalah suatu badan usaha yang bersifat kekeluargaan, yang membebaskan anggotanya untuk keluar dan masuk untuk bekerjasama dan menjadi anggotanya tanpa paksaan, tetapi tetap berdasarkan undang-undang yang berlaku. Biasanya koperasi dibangun dari sumber-sumber yang berasal dari para anggota yang ada di dalamnya dan bertukar jasa bersama serta menanggung segala resikonya juga bersama koperasi diawasi berdasarkan prinsip demokratis. Koperasi didirian biasanya untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan mempertinggi kesejahteraan jasmani para anggotanya, dengan tidak terlalu mementingkan pendapatan yang besar, tapi memperhatikan bagaimana cara membantu anggota agar mendapatkan manfaat hidup sejahtera tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

- Di Indonesia koperasi dikenal dari sebelum bangsa Indonesia mengalami kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1896 dan diperkenalkan oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto di daerah Jawa Tengah tetap dengan tujuan membantu anggotanya untuk hidup sejahtera, lalu setelah bangsa Indonesia mengenal koperasi, koperasi pun di kembangkan dan ditiru oleh Budi Utomo dan akhirnya berkembang pesat di Indonesia untuk membantu rakyat mempermudah perekonomian. Karena pada saat itu zaman penjajahan Belanda, belanda pun takut koperasi akan dijadikan perlawanan bangsa Indonesia. Lalu koperasi di hentikan dengan mengeluarkan undang-undang yang membuat koperasi mati di Indonesia. Lalu para pendiri koperasi protes akan undang-undang tersebut, dan undang-undang itu pun dihapus, koperasi pun kembali menjamur di Indonesia. Tetapi pada penjajahan Jepang koperasi kembali di hentikan, dan berkat perjuangan koperasi pun kembali dapat di terapkan pada tahun 1947 setelah Indonesia mengalami kemerdekaan. Koperasi dapat di kembangkan kembali pada tanggal 12 Juli tahun 1947 dengan ditandai adanya kongres koperasi pertama di Tasikmalaya, dan ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Dan dari saat itu koperasi mulai berkembang di Indonesia.


- Di Indonesia banyak tokoh yang berhasil di dunia koperasi, salah satunya adalah Bung Hatta. Bung Hatta menganjurkan kepada rakyat Indomesia untuk menjadi anggota koperasi. Bung Hatta sangat menginginkan agar koperasi menjadi wadah ekonomi yang dapat menolong semua masyarakat dari kemiskinan dan keterbelakangan. Banyak sekali jasa bung hatta dalam perkembangan koperasi di Indonesia. Hal ini jelas dari gagasan Bung Hatta agar kekuatan-kekuatan ekonomi ada ditangan rakyat. Agar kekuatan ekonomi dikuasai oleh rakyat banyak dan bukan dikuasai oleh perusahaan, koperasi adalah satu-satunya wadah. Untuk tujuan itu, Bung Hatta bersama dengan tokoh lainnya ikut aktif merintis Dewan Koperasi Indonesia (DKI), Gerakan Koperasi Indonesia (GKI), dan Kesatuan Koperasi Seluruh Indonesia (KOKSI). Dan karena jasa-jasanya itu Bung Hatta tidak pernah dilupakan, dan dikenang sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar